Minggu, 20 Mei 2012

Ten Outstanding Young Person (TOYP 2012) Indonesia


Oleh : Satriya Nugraha, SP
Konsultan Ekowisata, Wirausaha Mesin Abon Ikan “BONIK”
Konsultan Evaluasi Lahan Pertanian
Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI
Dari Provinsi Jawa Timur 2014-2019
satriya1998@gmail.com ; satriya1998@yahoo.com

Ten Outstanding Young Person Indonesia 2012, adalah sebuah ajang penghargaan yang diberikan kepada 10 pemuda terbaik di Indonesia. Diadakan oleh Junior Chamber International (JCI) dibawah organisasi dunia UNICEF yang rencananya diadakan di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. JCI Indonesia Chapter Solo sudah berkunjung ke kantor Bapak Walikota Solo, Joko Widodo untuk meminta rekomendasi dalam penyelenggaran acara JCI TOYP Indonesia 2012 yang rencananya akan digelar pada hari Minggu, 19 Mei 2012 – di Kota Solo akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan dan mendapat sambutan baik dari Bapak Walikota Jokowi, begitu panggilan akrab beliau.

1930-1931 cikal bakal berdirinya JCI TOYP Durwood Howes, Presiden JCI USA menyusun buku dengan judul “America’s Young Man” yang menyoroti kinerja positif dan keteladana 12 pemimpin yang sukses waktu itu. Buku America’s Young Man terbit setiap tahun dan memberikan inspirasi kepada pembaca tentang sosok pemimpin sukses yang ada pada waktu itu. 1938 ‐ JCI USA secara resmi mengadopsi penyusunan buku tersebut menjadi agenda kegiatan nasional dengan menggunakan nama Outstanding Young Person Programs. Efek yang ditimbulkan sangat luar biasa sehingga sejak tahun 1952 telah banyak JCI negara lain mengadopsinya sebagai program tahunan di negaranya masing‐masing.

Tercatat dalam sejarah penerima penghargaan dari Outstanding Young Person Programs tersebut adalah : Howard Hughes, Orson Welles, Elvis Presley, Nelson Rockefeller, John F. Kennedy, Henry Kissinger, Gerald Ford, Benigno Aquino, Bill Clinton. Kesemuanya belum berusia 40 tahun pada saat menerima penghargaan dalam skala nasional tersebut. 1981 – TOYP resmi menjadi program tahunan JCI secara internasional Perhelatan pertama dilakukan pada tahun 1983 di Taipei, Taiwan. Jumlah maksimal penerima ditetapkan 10 orang. Penganugerahan penghargaan perdana tersebut mencatat sejarah tersendiri karena diselenggarakan oleh Premier Dr. Sun Yun Suan di Dr. Sun Yat Sen Memorial Hall. Selain itu nama program JCI TOYP Award mulai resmi digunakan. Desain Trophy JCI TOYP Award sendiri juga ditentukan melalui sebuah kompetisi dengan menyisihkan 11 desain yang dikirimkan oleh 5 JCI Nasional. Judul dari desain TOYP Award tersebut adalah “ The Hands for All Mankind “. Setiap penerima penghargaan TOYP telah menunjukkan komitmen terhadap kerja keras dan perjuangannya sehingga tidak ada persoalan yang tidak dapat diselesaikan.

Ir. Aburizal Bakrie merupakan TOYP Dunia tahun 1986. Ir. H. Aburizal Bakrie (lahir di Jakarta, 15 November 1946; umur 65 tahun) adalah seorang pengusaha Indonesia yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar sejak 9 Oktober 2009. Ia pernah menjabat Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian dalam kabinet yang sama, namun posisinya berubah dalam perombakan yang dilakukan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 5 Desember 2005. Dia adalah anak sulung dari keluarga Achmad Bakrie, pendiriKelompok Usaha Bakrie, dan akrab dipanggil Ical. Selepas menyelesaikan kuliah di Fakultas Elektro Institut Teknologi Bandung pada 1973, Ical memilih fokus mengembangkan perusahaan keluarga, dan terakhir sebelum menjadi anggota kabinet, dia memimpin Kelompok Usaha Bakrie (1992-2004).

Selama berkecimpung di dunia usaha, Ical juga aktif dalam kepengurusan sejumlah organisasi pengusaha. Sebelum memutuskan meninggalkan karier di dunia usaha, dia menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) selama dua periode (1994-2004). Pada 2004, Ical memutuskan untuk mengakhiri karier di dunia usaha, setelah mendapat kepercayaan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Kabinet Indonesia Bersatu periode 2004-2009. Dan sejak terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar 2009-2010, waktu dan energinya tercurah untuk mengurus partai.

Kak Seto Mulyadi merupakan TOYP Dunia tahun 1987. Kak Seto Mulyadi adalah seorang psikolog anak, pembawa acara program anak dan pemerhati masalah anak-anak. Bahkan akibat ‘kepiawaiannya’, pria yang akrab dipanggil Kak Seto ini, dipercaya untuk kali kedua sebagai Sekjen Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). Selain itu kiprahnya di dunia pendidikan dan perlindungan hak anak membuat Kak Seto makin diakui di tingkat nasional dan internasional lewat berbagai penghargaan yang diterimanya, di antaranya dari Sekjen PBB Javier Perez berupa penghargaan “Peace Messenger Award”, New York, pada 1987, dan Orang Muda Berkarya tingkat Dunia, di Amsterdam pada 1987.

Kak Seto yang pernah menjadi pembawa acara televisi program anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro itu, sering mengungkapkan keprihatinan kondisi anak di Indonesia. Terutama mereka yang menjadi korban kekerasan dan terpaksa tidak bisa menjalani perkembangan secara normal. Kak Seto membangun Tujuh Trauma Center di Padang. Psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi, yang akrab dipanggil Kak Seto akhirnya membangun Trauma Center Pondok Ceria di kota Padang, Sumatera Barat, pada tujuh titik untuk memberikan pencerahan pada anak-anak pasca gempa berkekuatan 7,6 SR yang sebelumnya mengguncang kota itu.

“Pencerahan pada anak-anak pasca gempa perlu dilakukan lebih cepat agar anak bisa pulih dari traumanya dan kembali bisa belajar dengan baik,” kata Kak Seto ketika menghibur sekitar 70-an anak di SD 01 Sawahan Kecamatan Padang Timur, kota Padang. Kota Padang merupakan salah satu kota terparah diguncang gempa berkekuatan 7,6 SR pada 30 September 2009 pukul 17.18 WIB. Sumber gempa di lokasi 0,84 Lintang Selatan dan 99,65 Bujur Timur. Kedalaman gempa 57,5 km barat daya kota Pariaman, dan 52,5 km barat laut kota Padang. Menurut Kak Seto yang juga berasal dari Komnas Perlindungan Anak, Trauma Center Pondok Ceria itu akan dibangun di dua SD, dua panti dan lainnya juga di Pariaman.

Jackie Chan merupakan TOYP Dunia tahun 1988. Dia dilahirkan pada tahun 1954 di Victoria Peak, Hong Kong, dengan nama Chan Kong Sang (yang artinya “dilahirkan di Hong Kong“) anak dari Charles dan Lee-Lee Chan, pengungsi dari masa Perang Saudara Cina. Nama julukannya adalah Pao Pao (bahasa Tionghoa: 炮炮, yang secara literal berarti “peluru meriam”) karena dia selalu berguling-guling ketika masih bayi.[2]Orang tuanya bekerja padaKedutaan Perancis untuk Hong Kong, sehingga otomatis ia menghabiskan masa kecilnya di lingkungan kediaman kedutaan di daerah distrik Victoria Peak.

Chan bersekolah di Nah-Hwa Primary School di daratan Hong Kong, namun sayang, dia tidak lulus sehingga orang tuanya mengeluarkannya dari sekolah. Pada tahun 1960, ayahnya beremigrasi ke Canberra, Australia dan bekerja sebagai kepala juru masak untuk kedutaanAmerika, dan Chan disekolahkan ke Chinese Drama Academy, sebuah Sekolah Opera Pekingyang dimiliki dan dijalankan oleh Master Yu Jim Yuen.

Jackie Chan, S.B.S., M.B.E. (bahasa Tionghoa: 成龍; pinyin: Chéng Lóng; lahir dengan nama 陳港生; pinyin: Chén Gǎngshēng; lahir di Victoria Peak, Hong Kong, 7 April 1954; umur 57 tahun) adalah seorang aktor, sutradara, stuntman,produser, aktor bela diri, aktor komedi, penulis naskah layar lebar dan penyanyi dariHong Kong. Ia adalah salah satu tokoh yang terkenal dalam seni bela diri (kung fu) dariCina dan aktor layar lebar dunia yang terkenal dengan aksi pertarungan akrobatiknya, ahli penggunaan berbagai macam alat yang ditemui di sekitarnya sebagai senjata dan aktor laga yang memiliki banyak inovasi. Ia telah mendalami seni peran sejak tahun 1970-an, dan sudah tampil tak kurang dalam 100 film serta pernah menerima penghargaan di Hong Kong Avenue of Starsdan di Hollywood Walk of Fame.

Sebagai seorang ikon kebudayaan, ia telah direferensikan dalam berbagai lagu-lagu pop,kartun dan permainan video. Selain berakting, dia adalah seorang bintang Cantopop danMandopop, dan sudah menerbitkan tidak kurang dari 20 album sejak tahun 1984 dan menyanyikan banyak musik tema dari film-film yang diperaninya. Di tahun 2008, dia, bersama-sama dengan Andy Lau, Liu Huan dan Emil Chau, menyanyikan lagu perpisahan“Hard to Say Goodbye” pada upacara penutupan Olimpiade musim panas tahun 2008 di Beijing, Cina.

Satriya Nugraha, SP akan dinominasikan masuk 10 besar Ten Outstanding Young Person 2012 (TOYP 2012) Junior Chamber International dibawah organisasi UNICEF PBB. Penghargaan itu akan dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2012, di Kota Solo. Penulis adalah warga negara Indonesia, lahir di Surabaya, 17 November 1979, anak dari pasangan Indra Prawita dan Shrie Laksmi Dwi Handayani (pensiunan PNS RS. Saiful Anwar Kota Malang), memiliki saudara bernama Maharani Putri Pravitasari, ST, Famoza Aditya Nugraha dan Adhrian Pramadya Putra. Dia adalah lulusan alumni Sarjana S-1 dari Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitias Brawijaya, Anggota Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Univ. Brawijaya, Mantan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya 2000-2002.

Penulis juga Keponakan Anggota DPR RI 2004-2009 dan Anggota DPR RI 2009-2014 (Ibu Eva Kusuma Sundari), Mantan Ketua Tim Sukses Ketua Komisi B DPRD Jatim 2009-2014 (Bp. Drs. Agus Dono Wibawanto, M.Hum), peduli kelestarian lingkungan. Penulis memilih bergerak bidang usaha mesin abon ikan. Pernah menang Juara I Pelatihan Wirausaha Industri Inovatif-II Kerjasama Rumah Ekonomi Rakyat, PP Gerakan Pemuda Islam, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI, 16-18 Februari 2012, Hotel Mercure Ancol Jakarta.

Penulis sering diundang menjadi peserta kegiatan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, Kementrian Pemuda dan Olahraga RI dan Biro Administrasi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur. Penulis juga memiliki keahlian soil engineer, keahlian konsultan ekowisata dan pernah jadi narasumber lepas radio swasta Malang dan Lembaga Penyiaran Publik RRI FM. Juga dia sebagai trainer materi Kepemimpinan, Kepemudaan dan Managemen Organisasi Pemuda di Malang Raya. Penulis berharap menjadi bagian dari Join Chamber International di masa mendatang dan melayani umat manusia menjadi lebih baik dan lebih sejahtera.

Oleh karena itu, Vice President JCI dan panitia TOYP berkenan mengundang resmi Bapak / Ibu pembaca Kompasiana agar berkenan hadir dalam Anugerah TOYP 2012 dan menssupport Satriya Nugraha, SP dalam nominasi event tersebut. Kami mengharapkan respon positif dari pembaca Kompasiana sehingga dapat berpartisipasi dan mendukung segala perjuangan Panitia TOYP 2012. Info lebih lanjut bisa menghubungi Vice President JCI Mr. Lilik Setiawan HP. +628122650111.Atas perhatian dan kemurahan hati, Bapak / Ibu, kami mengucapkan terima kasih. Dengan demikian untuk penyelenggaraan TOYP Indonesia tahun 2012, pihak panitia membutuhkan banyak dukungan baik sponsorship, dukungan materiil dan spiritual sehingga dapat terselenggara dengan baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar